Pembelajaran Berdiferensiasi | Pariwisata Indonesia

Pembelajaran Berdiferensiasi

 page1image1977735888

Bapak/Ibu guru, setelah menelaah ketiga video tersebut, uraikan bagaimana masing-masing guru pada video tersebut mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mencapai tujuan pembelajaran?

 

Tabel 2.1 Telaah Video Pembelajaran Berdiferensiasi

Video 1

Video 2

Video 3

Jika di lihat dalam pembelajaran diferensiasi pada video pertama ini menggunakan Diferensiasi Konten, Hal ini di awali dengan mengukur kemampuan peserta didikdengan metode asesemen awal sebelum Kegiatan pembelajaran, kegiatan ini mengakomodasi hobi dan cita-cita mereka, melihat profil dan latar belakang Siswa. (DIferensiasi Konten) mengakomodasi kebutuhan murid. Kemudian guru membagikan kelompok untuk membuat sebuah penugasan, dan kemudian peserta didik berdiskusi serta membuat sebuah projek, dan sebagai akhir melakukan presentasi atau refleksi pada pembelajaran.

Jika di video pertama di bahas mengenai diferensiasi konten maka pada video kedua membahas mengenai Diferensiasi Proses, hal pertama sebelum melakukan pembelajaran guru membagi kolompok Siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang Berjalan di dalam kelas. Kemudia setiap siswa melakukan diskusi yang di bantu oleh Guru dalam memberikan contoh pada proses pengerjaan, selain memberikan contoh pada Diferensiasi proses ini peserta didik di berikan kesempatan menambah sumber materi dengan berbagai perangkat pembelajaran boleh menggunakan hp, buku atak perangkat lainnya dan pada saat pelaksanaan  Guru memberikan kesempatan belajar lebih lama dengan kelompok yang sedikit kesulitan daÅ‚am menuntaskan tugas.

Di akhiri dengan sebuah projek presentasi atau pemaparan setiap kelompok.

Pada video ketiga yaitu mengenai Diferensiasi Produk, Dalam pembelajaran berdiferensiasi produk ini hal pertama yan di lakukan adalah membentuk sebuah kelompok, dan kemudian guru menentuan tema yang di sesuaikan dengan kondisi guru dalam kelas atau tujuan pembelajaran yang berlangsung. Setelah memabgiakn kelompok maka di susul dengan melakukan diskusi dengan setiap kelompok, pada akhir pembelajaran sebagai bentuk dari refleksi yaitu melakukan presentasi Hasil produk dan diskusi. Dalam pembelajaran berdiferensiasi produk ini tidak hanya dapat di selenggarakan di dalam satu mata pelajaran saja tetapi dapat berkolaborasi dengan bidang/ mapel lainnya.

 

 

 

Diantara tiga video tersebut, komponen diferensiasi manakah yang menurut Bapak/Ibu paling efektif untuk diterapkan pada pembelajaran? Mengapa?

 

Dalam ketiga video tersebut baik itu pembelajaran berdifernsiasi produk, proses ataupun konten ketiganya merupakan metode yang efektif untuk pembelajaraan saat ini di dalam kelas. Namun dalam pelaksanaannya saya merasa pembelajaran berdiferensiasi proses sangat efektif untuk di terapkan di dalam kelas, karena peserta didik diberikan kebebasan dalam menentukan sebuah proses penyelesaian sebuah projek, dan tidak terbatas dengan salahsatu sumber bahan ajar saja, diferensiasi proses ini menciptakan kesesuaian dengan kondisi belajar siswa yang di sesuaikan dengan kebutuhan peserta didik serta menyesuaikan dengan ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

 

 

 

Chandra Yudia Prananda

Updated and checked by>Chandra Yudia Prananda .

2 komentar:

Fira mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Reviana Shafira mengatakan...

Saya sependapat dengan pernyataan tersebut bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah proses sangat efektif untuk diterapkan di kelas, ini juga merupakan sebuah insight yang tepat dan sangat relevan dengan kebutuhan pembelajaran saat ini, mengingat dalam proses ini siswa memiliki peran untuk menjadi pemilik aktif dari perjalanan belajar mereka sendiri.